Memperkuat Diri: Strategi Bangkit dari Keterpurukan Pasca Putus Cinta dan Luka Emosional

 


Oleh: Hilda Ummairah
Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Relvich dan Shatte (dalam Riana, 2008) mengemukakan beberapa emosi yang biasa dialami individu dengan berakhirnya suatu hubungan percintaan, yaitu kesedihan dan depresi, perasaan bersalah, marah, kecemasan , dan juga perasaan malu.

Putus cinta itu sendiri adalah sebuah perasaan yang dimana kita merasa dunia sudah hancur, dengan kata lain tidak ada lagi tempat untuk bersandar. Namun untuk beberapa orang juga beranggapan bahwa putus cinta adalah perasaan sedih, kesepian atau bahkan merasa kosong. Dan kenapa pada saat orang putus cinta itu sakit?

Karena ketika seseorang putus cinta, kadar oksitosin dan dopamin (hormon bahagia) menurun. Dimana oksitosin itu sendiri adalah hormon pada manusia yang berfungsi untuk merangsang kontraksi yang kuat pada dinding rahim/uterus sehingga mempermudah dalam membantu proses kelahiran. Dan dopamin adalah zat kimia di dalam otak yang berperan besar dalam memengaruhi emosi, sensasi kesenangan hingga rasa sakit yang bisa dirasakan seseorang. Kekurangan atau kelebihan zat kimia tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Sementara itu, pada saat yang sama terdapat peningkatan hormon yang bertanggung jawab atas stres yakni kortisol. Makany pada sat kita putus cinta, kita semua pasti sering merasakan stress dan rasa kesepian yang luar biasa itu karena kartisol nya aktif/meningkat. Ada beberapa dampak/pengaruh dari orang putus cinta: hilang nafsu makan, berat badan turun drastis, tapi ada beberapa kasus ketika purus cinta nafsu makan meningkat, mengurung diri, ovt (merasa insecure).

Seorang pengamat yang bernamaAlina (2014) mengatakan bahwa akibat berpisah dengan orang-orang yang dicintai dapat membangun suatu reaksi emosional seperti kesedihan, kekecewaan bahkan rasa geram yang membuat marah pada lingkungan dan diri sendiri. Nah dari beberapa dampak dan juga penjelasan seputar putus cinta. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, dan semoga kita semua bisa meningkat kan diri kita untuk menjadi lebih baik lagi. 

Ingatlah:
Anda tidak sendirian. Banyak orang yang mengalami putus cinta.
Anda akan sembuh dari ini.
Anda pantas untuk dicintai dan bahagia.

So, jangan mau kalah kita ketika putus cinta. Mari kita tingkatkan velue kita, sampai orang yang meninggalkan kita menyesal telah meninggalkan kita. (Editor: Edi/Tim Redaksi)

Post a Comment

0 Comments