Penentuan Arah Kiblat Menggunakan Rashdul Kiblat (Bayangan Kiblat)



Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.
Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.
Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih keciul dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.
Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus. Pertama Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm  × Cotg fx × Cos A = + A. Setelah itu dikonversi sesuai dengan waktu daerah masing-masing.
Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT (Local Mean Time) dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT (Local Mean Time). Karena pada kedua tanggal tersebut nilai deklinasi Matahari hampir sama dengan nilai Lintang Kakbah. Dengan demikian, apabilawaktu Makkah (LMT) tersebut dikonversikan menjadi waktu Indonesia bagian Barat (WIB), maka harus ditambah dengan 4 jam 21 menit sehingga menjadi jam 16:18 dan 16:27 WIB. Oleh karena itu kaum muslimin dapat mengecek arah kiblta pada setiap tanggal 27 atau 28 Mei pada pukul 16:18 WIB, karena bayangan Matahari akan membelakangi arah kiblat, demikain pula pada setiap tanggal 15 atau 16 Juli pada pukul 16:27 WIB. Dalam beberapa referensi, waktu rashdul kiblat ini dapat digunakan beberapa hari, berkisar 1 hari sebelumnya dan 1 hari setelah tanggal tersebut.
Selain lebih mudah dan dapat dilakukan oleh setiap orang, hasil pengukuran metode ini lebih akurat, dengan syarat penandaan waktu yang tepat. Meskipun demikian, metode tersebut masih memiliki kelemahan. Pertama, dari segi waktu metode tersebut hanya dapat dilakukan dalam waktu yang sangat terbatas selama empat hari, yaitu tanggal 27 dan 28 Mei serta tanggal 15 dan 16 Juli. Kedua, dari segi letak geografis Indonesia yang berada di daerah khatulistiwa menyebabkan negara kita beriklim tropis mempunyai curah hujan yang cukup tinggi. Akibatnya, pengaplikasian metode tersebut di lapangan tidak dapat dilakukan manakala cuaca mendung atau hujan. Meskipun pada dasarnya ada perhitungan untuk menentukan jam rashdul kiblat harian.[1]
Adapun teknik penentuan arah kiblat dengan menggunakan rasdhul kiblat global tersebut yaitu:
  1. Tentukan lokasi (rumah/mushalla/masjid) yang akan dikalibrasi atau diluruskan arah kiblatnya.
  2. Sedikan tongkat tegak lurus atau benang yang diberi pemberat atau bandul.
  3. Siapkan jam yang sudah dikalibrasi. Lebih disarankan menggunakan jam digital yang terkoneksi secara online melalui browser, seperti jam BMKG dan jam RRI.
  4. Cari lokasi di temmpat pengukuran yang memiliki medan datar dan terkena sinar Matahari pada saat pengamatan dilakukan.
  5. Tunggu sampai dengan masuk waktu rashdul kiblat global. Amatilah bayangan Matahari yang mengenai tongkat/benang yang diberi bandul pada saat jamnya telah masuk dan berilah tanda menggunakan spidol, benang yang dipakukan, lakban atau alat-alat lain yang dapat digunakan untuk memberikan tanda lurus.
  6. Di Indonesia rashdul kiblat global terjadi pada sore hari sehingga arah bayangan menuju ke Timur (membelakangi arah kiblat). Arah sebaliknya atau arah dari mana bayangan berasal merupakan arah kiblat.
  7. Gunakanlah tali atau benang untuk meluruskan arah kiblat ke dalam tempat yang dikalibrasi atau diluruskan arah kiblatnya.



[1] Ahmad Izzuddin, Ilmu Falak Praktis; Metode Hisab-Rukyat Praktis dan Solusi Permasalahannya (Semarang: PT Pustaka Rizki Putra, 2010), h. 46.

Post a Comment

130 Comments

  1. Nama: Ikmal Hadi Bin Muhammad Abduh
    Nim: 180102221
    Ilmu Falak (Senin Jam Ke 4)

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahun. Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  2. Nama:riska ayunda sari
    Nim:180102192
    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunannya. Diman ahari tersebut di kenal sebagai"yaumi rashdil kiblat".

    ReplyDelete
  3. Nama: Nurul Husna
    Nim : 180102152
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. 

    ReplyDelete
  4. Nama: Asri Rahmatullisa
    NIM: 180102170
    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Alat yang digunakan untuk menentukan rashdul kiblat yaitu bencet, miqyas, dan tongkat/tiang. Menurut Slamet Hambali rashdul kiblat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global yang terjadi 2 kali dalam setahun pada tanggal 27 Mei dan 12 Juli (tahun kabisat).
    Teknik penentuan arah kiblat dengan rashdul kiblat global: Menentukan lokasi, tongkat tegak lurus, jam yang sudah dikalibrasi, lokasi tempat pengukuran yang memiliki medan datar dan terkena sinar, tali untuk meluruskan arah kiblat, di Indonesia rashdul terjadi pada sore hari sehingga arah bayangan menuju timur (membelakangi kiblat).

    ReplyDelete
  5. Nama : Aina Wustqa Husin
    Nim : 180102027
    Ilmu Falak / Senin / 14:00-15.40

    Rashdul Kiblat merupakan ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul Kiblat ini terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya. Selain itu, pada hari-hari lainnya juga dapat ditentukan Rashdul Kiblat. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu, dengan menggunakan alat seperti bencet, miqyas, atau tongkat. Menurut Slamet Hambali, peristiwa Rahsdul Kiblat ini diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  6. Nama : Farhah Kamilatun Nura
    Nim : 180102139
    Ilmu falak / senin jam 14.00

    Rashdul Kiblatadalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalahbencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah.

    ReplyDelete
  7. Nama : Nur Adha Utami Simatupang
    Nim : 180102007
    Ilmu Falak (Senin Jam ke 4)

    Rashdul kiblat merupakan suatu ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena oleh Sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umumnya, Rashdul Kiblat tahunan ini terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya. Dimana dikenal dengan nama "Yaumi Rashdil Kiblat". Tetapi di hari hari lainnya selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat ini. Rashdul kiblat setiap harinya mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Adapun alat-alat yang digunakan dalam penentuan arah kiblat ini yaitu bencet, miqyas, atau tongkat. Menurut Slamet Hambali peristiwa Rashdul Kiblat itu dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu Rashdul Kiblat Lokal dan Rashdul Kiblat Global. Dimana Rashdul Kiblat Global ini hanya terjadi 2 kali saja dalam setahun.

    ReplyDelete
  8. Nama : Nisfu Lailanur
    Nim : 180102102
    Ilmu Falak senin jam ke 4

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. 
    Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih keciul dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.
    Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global

    ReplyDelete
  9. Nama: Riska yolanda
    Nim : 180102018
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda terkena sinar Matahari sehingga menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan (yaumi rashdil kiblat) terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya. Dan setiap hari mengalami perubahan. Metode yang dilakukan erpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih kecil dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.

    ReplyDelete
  10. Nama : Ferni Yustika
    Nim : 180102115

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.
    Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih keciul dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.

    ReplyDelete
  11. Nama: Suci Naylul Muna
    Nim: 180102096
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat.Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat.Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus.

    ReplyDelete
  12. Nama: ARIF MULIADI
    Nim :180102153
    Ilmu falak/senin/ 14:00-15:40

    Rashdul Kiblatadalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalahbencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih keciul dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  13. Nama: nabila triwulan dari
    Nim : 180102138

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih keciul dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Nama : Puji Novira
    Nim : 180102009
    ILMU FALAK, Hari senin jam 14.00

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda terkena sinar matahari menunjukan arah kiblat. Rashdul kiblat setiap tahunnya terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei, 15 atau 16 juli. Selain hari ini juga dapat ditentukan dengan bantuan sinar matahari. Dan juga penentuan arah kiblatditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu.

    ReplyDelete
  16. Nama : Jainul Ubaidillah
    Nim : 170102014
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. 
    rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.
    Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus.
    Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT (Local Mean Time) dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT (Local Mean Time).

    ReplyDelete
  17. Nama: mutia sahara Ningsih
    Nim: 180102035
    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunannya. Diman ahari tersebut di kenal sebagai"yaumi rashdil kiblat".

    ReplyDelete
  18. Nama : yuni meldifa
    Nim. : 180102210
    Hari/jam: senin / 14.00 wib
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda terkena sinar Matahari sehingga menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan (yaumi rashdil kiblat) terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya. Dan setiap hari mengalami perubahan. Metode yang dilakukan erpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih kecil dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.

    ReplyDelete
  19. Nama : Panji Maulana
    NIM : 170102221

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat, Namun demikian pada hari-hari lain juga dapat di tentukan Rashdul kiblat dengan bantuan sinar matahari. Penentuan arah kiblat di tentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu.
    Menurut Slamet Hambali peristiwa penentuan Rashdul Kiblat ini dapat di klarifikasikan menjadi dua, yaitu Rasdul Kiblat Lokal dan Rashdul Kiblat Global.
    Rasdul kiblat lokal dapat di hitungkan dengan beberapa rumus, sedangkan Rashdul kiblat global dapat terjadi 2 kali dalam satu tahun.

    ReplyDelete
  20. Nama: Rina Rahmayana
    Nim : 170102131
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat.

    ReplyDelete
  21. Nama : Wira Afrina
    NIM : 170102210
    Ilmu Falak (Senin/14:00-15:40)

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai "Yaumi Rashdil Kiblat". Tetapi, pada hari-hari lain juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Perlu diketahui bahwa jam Rashdul Kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Menurut Slamet Hambali peristiwa Rashdul Kiblat ini terbagi menjadi dua, yaitu Rasdul Kiblat lokal dan Rashdul Kiblat global. Untuk Rashdul Kiblat global terjadi 2 kali dalam setahun.

    ReplyDelete
  22. Nama : Puji Novira
    Nim : 180102009
    Ilmu falak, hari senin jam 14.00

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayang bayang benda terkena sinar matahari menunjukan arah kiblat. Rashdul kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei, 15 atau 16 juli. Selain hari hari ini rashdul kiblat juga dapat di tentukan dg bantuan sinar matahari. Penentuan arah kiblat di tentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu terntentu. Dan alat ysng dipergunakan antara lain yaitu bencet, miqyas, atau tongkat. Penentuan arah kiblat global yaitu: menentukan lokasi, menyeduakan tongkat tegak lurus, menyiapkan jam yang sudah dikalibrasi, mencari lokasi tempat pengukuran yg memiliki medan latar dan terkena sinar matahari, tunggu sampai dg masuk waktu rashduk kiblat global,di indonesia rashduk kiblat global terjadi pads sore hari sehingga arah bayangan menuju ke timur( membelakangi arah kiblat).

    ReplyDelete
  23. Nama : Asmaul Husna
    Nim : 170102155

    Rashdul kiblat atau yang disebut dengan bayangan kiblat adalah cara menentukan arah kiblat dengan melihat bayang-bayang matahari. Namun rashdul kiblat ini tidak bisa digunakan setiap saat akan tetapi hanya bisa digunakan pada waktu-waktu tertentu. Itulah kenapa dikatakan tehnik ini masih tergolong lemah. Dan juga dikarenakan hanya berpatokan pada matahari juga membuat metoda ini krna sering nya terjadi hujan di indonesia yang menyebabkan tidak ada nya sinar matahari. Disamping memiliki kelemahan, rashdul kiblat juga mempunyai kelebihan tersendiri yaitu pengukuran yang dilakukan lebih akurat dan dapat dilakukan oleh setiap orang. Rashdul kiblat mempunyai dua klasifikasi yaitu lokal dan global dimana keduanya mempunyai teknik yang berbeda.

    ReplyDelete
  24. Nama : Nova Rina Legsa
    NIM : 170102194
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat.

    ReplyDelete
  25. Nama : Nova Rina Legsa
    NIM : 170102194
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat.

    ReplyDelete
  26. Nama: Jelita
    NIM: 18010207

    Rashdul Kiblat adalah menentukan waktu dengan cara melihat bayang-bayang sinar matahari yg mengenai suatu benda, dengan bayang-bayang tersebut dapat menunjukkan arah kiblat.Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, hari itu disebut “Yaumi Rashdil Kiblat”. Adapun alat yang digunakan adalah bencet, miqyas, atau tongkat.

    ReplyDelete
  27. Nama : Hamdan
    Nim : 180102131
    Rashdul kiblat adalah cara menentukan arah kiblat dengan matahari di mana biasanya di tentukan dengan melihat bayangan tongkat atau hal lainnya biasanya terjadi dua kali pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya Rashdul kiblat di kenal dengan Yaumil rasdul kiblat

    ReplyDelete
  28. Nama : Alma Putri A
    NIM : 170102191
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat.

    ReplyDelete
  29. Nama :Jarmanisa
    Nim : 180102030
    Rashdul kiblat adalah menentukan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukan arah kiblat.Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang bayang atau tongkat.Pada waktu tertentu alat yang digunakan adalah bencet,miqyas,atau tongkat.Rashdul kiblat dibagi menjadi dua yaitu rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dapat dihitung demgan rumus Cos A=Sin FX × Cotg Q.Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali yaitu setiap tgl 27/28 mei dan 15/16 juli.Teknik penentuan arah kiblat dengan rashdul kiblat global: Menentukan lokasi, tongkat tegak lurus, jam yang sudah dikalibrasi, lokasi tempat pengukuran yang memiliki medan datar dan terkena sinar, tali untuk meluruskan arah kiblat, di Indonesia rashdul terjadi pada sore hari sehingga arah bayangan menuju timur (membelakangi kiblat).

    ReplyDelete
  30. Nama : Yuni Afrida
    Nim : 170102035
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.
    Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.

    ReplyDelete
  31. Nama : Yuni Afrida
    Nim : 170102035
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.
    Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.

    ReplyDelete
  32. Nama : khairan Nazifah
    Nim : 180102033
    M.k : ilmu falak( senin : 14.00)
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dikenal sebagai "Yaumi Rashdil Kiblat "Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu. Alat yang dipergunakan adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus. Pertama Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm × Cotg fx × Cos A = + A.
    Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT (Local Mean Time) dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT (Local Mean Time).

    ReplyDelete
  33. Nama : Ayu Nazira
    Nim : 170102211
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Namun pada hari selain yg disebutkan diatas rashdul kiblat juga dapat ditentukan. Jam rashdul kiblat setiap hari mengalami perubahan yang disebabkan oleh deklanasi matahari. Menurut Slamet Hambali rashdul kiblat ini di klasifikasikan menjadi dua, yaitu:
    1. Rashdul kiblat lokal, Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus. Pertama Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm  × Cotg fx × Cos A = + A. Setelah itu dikonversi sesuai dengan waktu daerah masing-masing.
    2. Rashdul kiblat global, terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT (Local Mean Time) dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT (Local Mean Time).

    ReplyDelete
  34. Ilmu Falak(Kamis 07.45)
    Nama : Siti Nadia Ariska
    Nim : 180102178

    Rashdul kiblat adalah menentukan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukan arah kiblat.Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang bayang atau tongkat.Pada waktu tertentu alat yang digunakan adalah bencet,miqyas,atau tongkat.Rashdul kiblat dibagi menjadi dua yaitu rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dapat dihitung demgan rumus Cos A=Sin FX × Cotg Q.Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali yaitu setiap tgl 27/28 mei dan 15/16 juli.Teknik penentuan arah kiblat dengan rashdul kiblat global: Menentukan lokasi, tongkat tegak lurus, jam yang sudah dikalibrasi, lokasi tempat pengukuran yang memiliki medan datar dan terkena sinar, tali untuk meluruskan arah kiblat, di Indonesia rashdul terjadi pada sore hari sehingga arah bayangan menuju timur (membelakangi kiblat).

    ReplyDelete
  35. Hari : Kamis l
    Nama : Intan Mauliza
    Nim : 180102149

    Rashadul kiblat adalah penetapan waktu arah kiblat yang ditandai dengan bayang benda yang terkena sinar matahari. Jam rasdul kibalat tiap hari mengalami perubahan hal ini dikarenakan oleh deklinasi matahari. Rashdul kiblat terjadi pada tanggal 27/28 mei. Atau 15/16 juli pada tiap tahun yang sering dikenal "yaumul Rashidil Kiblat". Alat yang digunakan biasanya adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Menurut slamet hambali peristiwa rashdul kiblat dapat diklarifikasikan dua, yaitu rashdul kiblat lokal, dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dilakukan dengan rumus Cotan A = Sin fx × Cotg Q, selanjutnya dihitung dengan rumus, keduaCos B = Tan δm  × Cotg fx × Cos A = + A
    Sedangkan rashdul kiblat global dalam satu tahun terjadi sbnyak dua kali pada tanggal 27/28 mei pada pukul 11:57 LMT. Atau 15/16 juli pada pukul 12:06. Teknik penentuan kiblat, Rashdul kiblat Global adalah, (1) menentukan lokasi (2) sediakan tongkat yang diberi pemberat/ bandul (3) siapkan jam yang sudah dikalibrasi (4) carikan tempat yang memiliki medan datar (5) Tunggu sampai masuk waktu Rashdul kiblat global (6) arah sebaliknya/ arah dari mana bayangan berasal merupakan arah kiblat (7) gunakan tali untuk meluruskan arah kiblat.

    ReplyDelete
  36. Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya. Dimana hari tersebut dikenal sebagai " yaumi rashdil kiblat ". Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi matahari persis ( atau mendekati persis ) pada Zenith Kakbah. Peristiwa ini dapat di klarifikasikan menjadi dua yaitu rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Nama : muhammad radhi aulia
    Nim :180102130
    Hari : kamis jam pertama 07:45-09:25

    Rashdul Kiblat adalah waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul kiblat terbagi dua, ada rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global, rashdul kiblat lokal umumnya menggunakan rumus Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT (Local Mean Time) dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT (Local Mean Time).

    ReplyDelete
  40. Nama : Rahmi Putri Febriani
    Nim : 180102024
    Hari / Jam : Kamis / 07:45-09-25

    Rashdul kiblat merupakan suatu ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena oleh Sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umumnya, Rashdul Kiblat tahunan ini terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya. Dimana dikenal dengan nama "Yaumi Rashdil Kiblat". Tetapi di hari hari lainnya selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat ini. Rashdul kiblat setiap harinya mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Adapun alat-alat yang digunakan dalam penentuan arah kiblat ini yaitu bencet, miqyas, atau tongkat. Menurut Slamet Hambali peristiwa Rashdul Kiblat itu dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu Rashdul Kiblat Lokal dan Rashdul Kiblat Global. Dimana Rashdul Kiblat Global ini hanya terjadi 2 kali saja dalam setahun.

    ReplyDelete
  41. Nama: Putri Riska Azkia
    Nim : 180102142
    Ilmu Falak (kamis-jam ke2)
    Rashdul kiblat ini merupakan ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Pada umumny Rashdul kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunannya. Diman hari tersebut di kenal sebagai"yaumi rashdil kiblat".
    Alat yang digunakan untuk menentukan rashdul kiblat itu yaitu bencet, miqyas, dan tongkat/tiang. Menurut Slamet Hambali rashdul kiblat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global yang terjadi 2 kali dalam setahun pada tanggal 27 Mei dan 12 Juli (tahun kabisat).Rumus untuk menhitung Rashdul kiblat lokal. Pertama mencari Cotan A, kemudian mencari dngan rumus kedua yaitu mencari Cos B . Setelah itu dikonversi sesuai dengan waktu daerah masing-masing. Nah kalo
    Teknik penentuan arah kiblat dengan rashdul kiblat global yaitu: Menentukan lokasi, tongkat tegak lurus, jam yang sudah dikalibrasi, lokasi tempat pengukuran yang memiliki medan datar dan terkena sinar, tali untuk meluruskan arah kiblat, di Indonesia rashdul terjadi pada sore hari sehingga arah bayangan menuju timur (membelakangi kiblat),lalu gunakankan tali atau benang untuk meluruskan arah kiblat ke dalam tempat yang dikalibrasi atau diluruskan arah kiblatnya.

    ReplyDelete
  42. nama : safira putri riskhi
    nim : 180102128
    kamis jam I

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat.Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih kecil dari nilai deklinasi maksimum Matahari jadi Matahari melewati Kakbah sehingga hasilnya akurat .Peristiwa rashdul kiblat ini terbagi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rasdul kiblat global. Rasdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus. Pertama Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm × Cotg fx × Cos A = + A. .dan rasdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei atau 28 Mei pada pukul 11:57 LMT dan pada tanggal 15 Juli atau 16 Juli pada pukul 12:06 LMT. kelebihannya mudah dan dapat dilakukan oleh setiap orang, hasil pengukuran metode ini lebih akurat. namun juga terdapat kelemahan. hanya dapat dilakukan dalam waktu yang sangat terbatas selama tanggal 27 ,28 Mei dan tanggal 15,16 Juli. letak geografis Indonesia yang berada di daerah khatulistiwa akibatnya beriklim tropis jika dilakukan lapangan tidak bisa dilaksanakan jika mendung atau hujan.teknik menggunakan rasdhul kiblat global :Tentukan lokasi,Sedikan tongkat tegak lurus, sediakan jam,Cari lokasi di tempat pengukuran yang datar dan terkena sinar Matahari.Tunggu sampai dengan masuk waktu rashdul. Amati bayangan Matahari dan beri tanda dengan spidol, Di Indonesia rashdul kiblat global terjadi pada sore hari sehingga arah bayangan ke Timur jadi Arah sebaliknya adalah kiblat,Gunakanlah tali atau alat sejenisnya untuk meluruskan arah kiblat ke dalam tempat yang dikalibrasi.

    ReplyDelete
  43. Nama : Putroe Salsabila Mauza
    Nim :180102112
    Hari/jam: Kamis/9:30(ilmu falak)

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, yang dikenal dengan “Yaumi Rashdil Kiblat”. Rashdul kiblat atau arah kiblat dapat juga ditentukan dengan bantuan sinar Matahari. Jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu. Alat yang dipergunakan adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih kecil dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.
    Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global

    ReplyDelete
  44. Nama: Asmaul husna
    Nim : 180102073
    Hari : kamis jam 1
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dikenal sebagai "Yaumi Rashdil Kiblat "Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu. Alat yang dipergunakan adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus. Pertama Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm × Cotg fx × Cos A = + A.
    Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT (Local Mean Time) dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT (Local Mean Time).

    ReplyDelete
  45. Nama : Cut Nurul Atma
    Nim : 180102004
    Ilmu Falak ( Kamis - 7:45)

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya. Dimana hari tersebut dikenal sebagai " yaumi rashdil kiblat ". Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi matahari persis ( atau mendekati persis ) pada Zenith Kakbah. Peristiwa ini dapat di klarifikasikan menjadi dua yaitu rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  46. Hari : kamis, 9.30-11.10
    Nama : Muhammad Fawwaz
    NIM : 180102108

    Rashdul kiblat merupakan salah satu metode menentukan arah kiblat, dimana penentuan arah kiblat dengan cara melihat bayang-bayang benda yang disinari oleh matahari dalam waktu tertentu, rashdul kiblat selalu mengalami perubahan dikarenakan pengaruh deklanasi matahari. Alat-alat yang biasanya digunakan adalah tongkat, bencet, miqyas, dan lain sebagainya. Rashdul kiblat terbagi dua yaitu rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Nama : Rizky Qalil Hasbuna
    Nim : 180102099
    Hari/Jam : Kamis/ 7.45-9.25

    Penentuan Arah Kiblat dapat dilakukan dengan menggunakan Rashdul Kiblat yaitu keadaan dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul kiblat ini biasanya terjadi tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, namun pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.

    ReplyDelete
  49. Nama: Agung Jayanda
    Nim: 180102094
    Ilmu falak (kamis jam ke 2)

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat.
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah.

    ReplyDelete
  50. Nama: iffa nadiatus shidqa
    Nim: 180102087
    Hari: kamis jam 09.30/11.10

    Rashdul kiblat adalah perhitungan waktu ketika terjadi pemotongan garis tempuhan matahari dengan garis arah kiblat sesuatu tempat. Jika matahari pagi bayang2 nya mengarah ke arah barat, jika matahri sore bayang2 nya mengarah ke arah timur. Jika matahri berdeklinasi ke selatan, maka bayang2 nya cendrung ke Utara dan sebaliknya jika matahari berdeklinasi ke Utara, maka bayang2 nya cendrung ke selatan. Jika matahari berkulminasi atas atau tepat dia atas Zenit, masak bayang2 nya berimpit dengan benda, tidak menunjukkan arah kiblat. Demikian juga jika matahari melewati garis arah kiblat sesuatu tempat, sehingga tidak terjadi pemotongan antara keduanya, juga tidak menunjukkan arah kiblat. Dari yang perlu diperhitungkan ialah kapan garis tempuhan matahari berpotongan dengan garis arah kiblat sesuatu tempat.

    ReplyDelete
  51. Nama : Adinda Maharani
    NIM : 180102074
    Kamis jam ke 2 (9.30-11.10)

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktuv dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahun. Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  52. Nama: NADYA SWASTARY
    nim : 180102148
    Hari/Jam: Kamis/9.30-11.15

    Rashadul Kiblat adalah cara menentukan arah kiblat dengan matahari dimana biasanya ditentukan dengan melihat bayangan tongkat atau hal lainnya . Biasanya terjadi dua kali pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya rashadul kiblat dikenal dengan Yaumil rashul kiblat. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau pada tongkat pada waktu tertentu. Alat yang digunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi matahari persis atau mendekati persis pada titik zenith Kabbah.

    ReplyDelete
  53. Nama : Ana permata sari
    Nim : 180102145
    Hari /jam : Kamis / 09.30
    Kesimpulan :
    Rashdul kiblat atau yang disebut dengan bayangan kiblat adalah cara menentukan arah kiblat dengan melihat bayang-bayang matahari. Secara umum rashdul kiblat terjadi pada tanggal 27, atau 28 mei ,dan 15 atau 16 Juli. Rashdul kiblat ini tidak bisa digunakan setiap saat akan tetapi hanya bisa digunakan pada waktu-waktu tertentu. Itulah kenapa dikatakan tehnik ini masih tergolong lemah. Dan juga dikarenakan hanya berpatokan pada matahari juga membuat metoda ini krna sering nya terjadi hujan di indonesia yang menyebabkan tidak ada nya sinar matahari. Disamping memiliki kelemahan, rashdul kiblat juga mempunyai kelebihan tersendiri yaitu pengukuran yang dilakukan lebih akurat dan dapat dilakukan oleh setiap orang. Rashdul kiblat mempunyai dua klasifikasi yaitu lokal dan global dimana keduanya mempunyai teknik yang berbeda

    ReplyDelete
  54. Nama : Khairun Nisa
    Nim : 180102133
    Hari/Jam : Kamis/09.30-11.10

    Rashdul kiblat adalah suatu ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum rashdul kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai Yaumi Rashdil Kiblat. Namun demikian pada hari-hari selain tersebut juga dapat ditentukan jam rashdul kiblat, yakni bayang-bayang suatu benda menuju arah kiblat dengan bantuan sinar matahari. Perlu kita ketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena terpengaruh oleh deklinasi matahari. Penentuan arah kiblat ini ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu. Alat yang digunakan yaitu bencek, miqyas atau tongkat. Yakni metode ini berpedoman pada posisi matahari persis pada titik zenith Kakbah. Peristiwa rashdul kiblat terbagi menjadi 2 yaitu : rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  55. NAMA : NURHANAFI
    NIM: 180102171
    ILMU FALAQ KAMIS JAM KE-2

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menetapkan arah kiblat alias posisi lurus dengan Ka’bah di Makkah. Salah satunya yakni berpatokan kepada bayang-bayang yang dihasilkan matahari pada peristiwa yang dikenal istiwa’ a’dham atau rashdul qiblat. Saat rashdul qiblat berlangsung, posisi matahari tepat di atas Ka’bah sehingga seluruh bayangan benda tegak lurus akan mengarah ke arah Baitullah (kiblat).   Rashdul qiblat hanya terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 28 Mei (atau 27 Mei di tahun kabisat) sekitar pukul 16.18 WIB dan 16 Juli (atau 15 Juli di tahun kabisat) sekitar pukul 16.27 WIB. Jam-jam tersebut merupakan waktu dhuhur untuk kota Makkah.Detik-detik rashdul qiblat menjadi momentum untuk menemukan arah kiblat yang akurat atau meluruskan kembali arah kiblat dari rumah ibadah yang sudah dibangun.

    ReplyDelete
  56. Nama : raihan fadhilah
    Nim. : 180102134
    Hari/ jam : kamis / 09:30-11:10

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayanagn benda yg terkena sinar matahari menentukan arah kiblat, secara umum penentuan arah kiblat di tentukan pada tgl 27 mai atau 28 dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya. Hari tersebut di kenal sebagai yunani rasdil kiblat.
    Arah kiblat tersebut di tentukan berdasarkan bayangan atau bantuan sinar matahari, alat2 di pergunkan biasanya , bancet, miyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada titik zenit kakbah.
    Rashdul kiblay menurut slamet Hambali di klarifikasi menjadi 2: rashudl kiblat lokal dan rashudl kiblat global

    ReplyDelete
  57. Nama : shofia nurul husna
    Nim : 180102141
    Hari/jam : kamis/09.30
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dikenal sebagai "Yaumi Rashdil Kiblat".
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu.
    Alat yang dipergunakan adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Peristiwa rashdul kiblat menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu 1.Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus. Pertama Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm × Cotg fx × Cos A = + A.
    2.Rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT.

    ReplyDelete
  58. Nama: Nisa fazira
    Nim: 180102164
    Hari/jam: Kamis, 09.30-11.15
    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rahdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai Yaumi Rashdil Kiblat. Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar matahari. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu. Alat-alat yang digunakan adalah bencet, miqyas atau tongkat. Menurut Slamet Hambali rashdul kiblat diklafikasikan menjadi dua, yaitu rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  59. Nama : Rizky Maulidna
    Nim : 180102177
    Hari/jam : Kamis/07:25-09:25

    Rashdul Kiblat merupakan salah satu cara untuk melakukan penentuan arah Kiblat. Rashdul Kiblat adalah suatu ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah Kiblat. Penentuan arah kiblatnya bisa dilakukan dengan menentukan bayang-bayang sebuah tiang/tongkat pada waktu tertentu. Alat yang bisa digunakan itu seperti bencet, miqas/tongkat. Rashdul Kiblat ini biasanya terjadi pada tanggal 27/28 Mei maupun 15/16 Juli setiap tahunnya, namun pada hari lain juga dapat ditentukan asalkan dengan bantuan sinar matahari. Peristiwa rashdul Kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat dikelompokkan menjadi , yaitu rashdul Kiblat lokal dan rashdul Kiblat global.

    ReplyDelete
  60. Nama : Putri Rahmatillah
    NIM : 180102078
    Hari : Kamis (09:30-11:10)

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari akan menunjukkan arah kiblat. Secara umum rashdul kiblat terjadi pafa tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya yang dimana hari tersebut dikenal sebagai " Yaumil Rashdil Kiblat". Akan tetapi, pada hari-hari lain juga dapat menentukan rashdul kiblat dengan bantuan sinar matahari. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang ataupun tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan yaitu bencet, miqyas atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi matahari yang persis atau mendekati persis pada titik zenith kakbah. Posisi lintang kakbah yang lebih kecil dari nilai deklinasi maksimum matahari menyebabkan matahari dapat melewati kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dan tepat dibandingkan dengan metode lain.

    ReplyDelete
  61. Hari : Kamis, 09:30-11:10
    Nama : Asma,ul Husna
    NIM : 180102038

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. 
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. 

    ReplyDelete
  62. Nama: Alfa Nisa
    Nim: 180102045
    Hari: Kamis, jam 07.45 - 09.25
    Kesimpulan:
    Rashdul kiblat adalah penentuan waktu dengan menggunakan acuan bayangan benda yang terkena sinar matahari yang menunjukkan arah kiblat. Arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang bayang tiang atau tongkat pada waktu tertentu, alat yang digunakan adalah bencet, miqyas atau tongkat. Penentuan arah kiblat juga dapat ditentukan dengan bantuan sinar matahari, oleh karena Indonesia terletak di khatulistiwa yang beriklim tropis dan memiliki curah hujan yang sangat besar, menjadikan metode ini sedikit sulit untuk dilakukan. Menurut Slamet Hambali, rashdul kiblat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu: rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global, rashdul kiblat lokal dapat ditentukan dengan rumus, sedangkan rashdul kiblat global terjadi 2 kali dalam satu tahun. Hasil pengukuran oleh metode rashdul kiblat ini lebih akurat apabila dilakukan dengan penandaan waktu yang tepat, sehingga lebih mudah dan setiap orang dapat melakukannya.

    ReplyDelete
  63. Hari: kamis I (07.25-09.25)
    Nama: Muhammad Luthfi
    Nim: 180102008

    Rashdul kiblat adalah suatu cara penetapan waktu dimana objek bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul kiblat terjadi pada tanggal 27/28 mei atau 15/16 juli. Perlu kita ingat, bahwa jam rashdul kiblat setiap hari mengalami perubahan karena terpengaruh oleh deklinasi matahari. Alat yang digunakan berupa bencet,miqyas atau tongkat. Rashdul kiblat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu: pertama, rashdul lokal, dapat dihitung dengan rumus Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm × Cotg fx × Cos A = + A. Kedua, Rashdul global, terjadi dua kali, pada tanggal 27 mei(thn kabisat) atau 18 mei (thn bashitah) pukul 11.57 LMT dan pada tanggal 15 juli (thn kabisat) atau 16 juli (thn bashitah).

    ReplyDelete
  64. Nama : Muhammad Yudi Akbar
    NIM : 180102013
    Kamis jam ke 2 (9.30-11.10)
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktuv dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahun. Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  65. Nama : Raisa Maisura
    Nim :180102168
    Hari/jam : kamis/ 9:30-11:10

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Namun penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis pada titik zenith Kakbah. Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  66. Nama : Nazratal Khairiani
    Nim : 180102106
    Hari/jam : kamis / 09.30-11.10

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu
    dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai (Yaumi Rashdil Kiblat).
    Dengan demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah.

    ReplyDelete
  67. Nama: yulia fitriani
    Nim: 180102225
    Mk: ilmu falak
    Hari/jam: kamis 9.30-11.15
    Resume
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul kiblat dapat terjadi 4 kali dalam setahun. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat"
    Selain pada tanggal tersebut, penentuan rashdul kiblat juga bisa dilakukan dengan metode lain. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih keciul dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.

    ReplyDelete
  68. nama: iffah karima
    NIM : 180102006
    MK : ilmu falak
    hari/jam : kamis/ 9.30-11.15

    ringkasan: Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul kiblat dapat terjadi 4 kali dalam setahun. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat"
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah.

    ReplyDelete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. Nama : Muhammad Syaukas Rahmatillah
    Nim : 180102119
    MK : ilmu Falak (Kamis, 07.45-09.25)


    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Namun pada hari lain juga dapat ditentukan rashdul kiblat. Rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu.

    ReplyDelete
  71. Nama : Cut Naura Tuddini
    Nim : 180102185
    MK : ilmu Falak (Kamis, 7.45-9.25)
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya. Rashdul kiblat dapat berubah setiap harinya karena mengalami deklinasi matahari. Alat yang digunakan yaitu: bencet, miqyas dan tongkat.
    rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  72. Alviansyah Rambe
    Kamis, 07.45 - 09.25

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Alat yang digunakan untuk menentukan rashdul kiblat yaitu bencet, miqyas, dan tongkat/tiang. Menurut Slamet Hambali rashdul kiblat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global yang terjadi 2 kali dalam setahun pada tanggal 27 Mei dan 12 Juli (tahun kabisat). 
    Teknik penentuan arah kiblat dengan rashdul kiblat global: Menentukan lokasi, tongkat tegak lurus, jam yang sudah dikalibrasi, lokasi tempat pengukuran yang memiliki medan datar dan terkena sinar, tali untuk meluruskan arah kiblat, di Indonesia rashdul terjadi pada sore hari sehingga arah bayangan menuju timur (membelakangi kiblat).

    ReplyDelete
  73. Alviansyah Rambe
    Kamis, 07.45 - 09.25

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Alat yang digunakan untuk menentukan rashdul kiblat yaitu bencet, miqyas, dan tongkat/tiang. Menurut Slamet Hambali rashdul kiblat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global yang terjadi 2 kali dalam setahun pada tanggal 27 Mei dan 12 Juli (tahun kabisat). 
    Teknik penentuan arah kiblat dengan rashdul kiblat global: Menentukan lokasi, tongkat tegak lurus, jam yang sudah dikalibrasi, lokasi tempat pengukuran yang memiliki medan datar dan terkena sinar, tali untuk meluruskan arah kiblat, di Indonesia rashdul terjadi pada sore hari sehingga arah bayangan menuju timur (membelakangi kiblat).

    ReplyDelete
  74. Hari/jam : kamis/07:45 s.d 09:25
    Nama. : Muhammad Zikri
    Nim. : 180102203


    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.

    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih kecil dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.

    Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus. Pertama Cotan A = Sin fx x Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan &m x Cotg fx x Cos A = + A. Setelah itu dikonversi sesuai dengan waktu daerah masing-masing.

    Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT (Local Mean Time) dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT (Local Mean Time).

    ReplyDelete
  75. Nama : Muhammad Riefqi Muna
    Nim : 180102118
    Hari/jam : Kamis/09:30-11.15
    Rashdul kiblat merupakan suatu ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena oleh Sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umumnya, Rashdul Kiblat tahunan ini terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya. Dimana dikenal dengan nama "Yaumi Rashdil Kiblat". Tetapi di hari hari lainnya selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat ini. Rashdul kiblat setiap harinya mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Adapun alat-alat yang digunakan dalam penentuan arah kiblat ini yaitu bencet, miqyas, atau tongkat. Menurut Slamet Hambali peristiwa Rashdul Kiblat itu dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu Rashdul Kiblat Lokal dan Rashdul Kiblat Global. Dimana Rashdul Kiblat Global ini hanya terjadi 2 kali saja dalam setahun.

    ReplyDelete
  76. Nama : Mandar Mahendra
    NIM : 180102104
    Hari/jam : Kamis/07:45-09:25

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Pada taggal tanggal tertentu dinamakan “Yaumi Rashdil Kiblat”. Yaitu pada tanggal 27 atau 28 Mei dan pada tanggal 15 atau 16 Juli. Arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Kelebihan metode ini yaitu mudah dan dapat dilakukan oleh setiap orang, hasil pengukuran metode ini lebih akurat, dengan syarat penandaan waktu yang tepat. Adapun kelemahannya, pertama, cuma bisa dilakukan pada waktu tertentu (terbatasnya waktu). Kedua, dari segi letak geografis Indonesia beriklim tropis mempunyai curah hujan yang cukup tinggi. Akibatnya, pengaplikasian metode tersebut tidak dapat dilakukan manakala cuaca mendung atau hujan.

    ReplyDelete
  77. Nama : Ariq azzaki
    Nim : 170102045
    Hari/jam : Kamis 7.45
    Mk : ilmu falak

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan biasanya adalah tongkat, benang yang diikatkan sesuatu dibawah ya dan benda-benda lain yang dapat dinalari untuk melakukan rashdul kiblat.

    ReplyDelete
  78. Nama : Ariq azzaki
    Nim : 170102045
    Hari/jam : Kamis 7.45
    Mk : ilmu falak

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan biasanya adalah tongkat, benang yang diikatkan sesuatu dibawah ya dan benda-benda lain yang dapat dinalari untuk melakukan rashdul kiblat.

    ReplyDelete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. Nama: Hidayatul Akbar
    Nim: 180102036

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.
    Dan perubahan jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.
    Dan adapun Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat

    ReplyDelete
  81. Nama: Hanif Illahi Ridwana
    Nim: 180102136
    Hari/jam : Kamis/09:30-11.15
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat.Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat.Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus.

    ReplyDelete
  82. Nama : surur abrar
    NIM : 170102069
    Hari/jam : kamis/7.45

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat, Namun demikian pada hari-hari lain juga dapat di tentukan Rashdul kiblat dengan bantuan sinar matahari. Penentuan arah kiblat di tentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu.
    Menurut Slamet Hambali peristiwa penentuan Rashdul Kiblat ini dapat di klarifikasikan menjadi dua, yaitu Rasdul Kiblat Lokal dan Rashdul Kiblat Global.
    Rasdul kiblat lokal dapat di hitungkan dengan beberapa rumus, sedangkan Rashdul kiblat global dapat terjadi 2 kali dalam satu tahun.

    ReplyDelete
  83. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  84. Fajrul aziz
    180102072
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16.Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat.Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global,Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT (Local Mean Time) dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT (Local Mean Time).

    ReplyDelete
  85. Nama : Sayed Umar Al Zahir

    Nim : 180102059

    Hari/jam : Kamis/9:30-11:15

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.

    Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Pertama Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm × Cotg fx × Cos A = + A. Setelah itu dikonversi sesuai dengan waktu daerah masing-masing.

    Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT (Local Mean Time) dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT (Local Mean Time). Karena pada kedua tanggal tersebut nilai deklinasi Matahari hampir sama dengan nilai Lintang Kakbah.

    ReplyDelete
  86. Nama : Miftahul jannah
    Nim : 180102183
    Ilmu Falak/kamis/7.45
    Pengertian Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul kiblat juga dapat ditentukan dengan bantuan sinar matahari. Namun jam rashdul kiblat juga mengalami perubahan pada tiap hari karena dipengaruhi oleh deklinasi matahari. Penentuan arah kiblat dapat ditentukan oleh bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu. Alat yang di pergunakan antara lain adalah bencet,miqyas, atau tongkat. Metode ini terpaku pada posis matahari persis atau mendekati persis pada titik zenith kakbah. Kemudian menurt slamet Hambali, peristiwa Rashdul Kiblat dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rashdul kiblat lokal, dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  87. Nama : Setia
    Nim : 170102055

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Tetapi di hari hari lainnya selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat ini. Rashdul kiblat setiap harinya mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  88. Nama: Anna Zahnira
    Nim: 180102154
    Ilmu Falak/Kamis 07.45-09.25

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai "Yaumi Rashdil Kiblat". penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu. Alat yang digunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Peristiwa Rashdul Kiblat menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. rasdul lokal dapat ditentukan dengan beberapa rumus, sedangkan rasdul global dapat ditentukan 2 kali dalam setahun.

    ReplyDelete
  89. Nama : Linda
    Nim : 180102069
    Hari/jam : Kamis / 7:45-9:30

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum rashdul kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai "yaumi Rashdul kiblat". Rashdul kiblat ini tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi matahari.
    Rashdul kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang tongkat/tiang. Alat yg digunakan untuk menentukan rashdul kiblat yaitu bencet, miqyas.

    ReplyDelete
  90. Nama : M. Luthfi mafazi
    NIM : 170102094
    Hari : Kamis (07:45-09:30)

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.Penentuan arah kiblat di tentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu terntentu. Dan alat yang digunakan yaitu bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi matahari persis ( atau mendekati persis ) pada Zenith Kakbah. Peristiwa ini dapat di klarifikasikan menjadi dua yaitu rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  91. Nama: Muhammad Rian Fadilla
    Nim :18012146
    Hari/jam: kamis / 9.30-11.15

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum rashdul kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai "yaumi Rashdul kiblat". Rashdul kiblat setiap harinya mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.Alat yg digunakan untuk menentukan rashdul kiblat yaitu bencet, miqyas.

    ReplyDelete
  92. Nama: Doni Defri
    Nim : 170102124
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.
    Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih keciul dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.

    ReplyDelete
  93. Nama : zahrina
    Nim : 180102063
    Unit/hari : 02, kamis 07.45-09.25

    Rashdul kiblat merupakan suatu ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena oleh Sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umumnya, Rashdul Kiblat tahunan ini terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya. Dimana dikenal dengan nama "Yaumi Rashdil Kiblat". Tetapi di hari hari lainnya selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat ini. Rashdul kiblat setiap harinya mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Adapun alat-alat yang digunakan dalam penentuan arah kiblat ini yaitu bencet, miqyas, atau tongkat. Dan penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu.Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih kecil dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya. Menurut Slamet Hambali peristiwa Rashdul Kiblat itu dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu Rashdul Kiblat Lokal dan Rashdul Kiblat Global. Dimana Rashdul Kiblat Global ini hanya terjadi 2 kali saja dalam setahun.

    ReplyDelete
  94. Nama: desi fitri mardani
    Nim: 180102039
    Hari/jam: kamis/ 09:30-11:10

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat"
    Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu.
    Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus. Pertama Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm × Cotg fx × Cos A = + A. Setelah itu dikonversi sesuai dengan waktu daerah masing-masing.
    Teknik penentuan kiblat, Rashdul kiblat Global adalah, (1) menentukan lokasi (2) sediakan tongkat yang diberi pemberat/ bandul (3) siapkan jam yang sudah dikalibrasi (4) carikan tempat yang memiliki medan datar (5) Tunggu sampai masuk waktu Rashdul kiblat global (6) arah sebaliknya/ arah dari mana bayangan berasal merupakan arah kiblat (7) gunakan tali untuk meluruskan arah kiblat.

    ReplyDelete
  95. Nama: Aldi Munandar
    Nim:180102140

    Rasdhul kiblat adalah ketentuan waktu dimna byangan benda yg terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat.secara umum rasdhul kiblat tahunan terjadi pada tgl 27 atau 28 mai dan 15 atau 16 Juli.penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan kan bayang byangan sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu .alat yang digunakan antara lain adalah bencet dan miqyas.

    ReplyDelete
  96. Nama: putri leili
    Nim : 180102137
    Hari/ jam: kamis/ 09:30
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Rashdul kiblat setiap harinya mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Adapun alat-alat yang digunakan dalam penentuan arah kiblat ini yaitu bencet, miqyas, atau tongkat. Menurut Slamet Hambali peristiwa Rashdul Kiblat itu dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu Rashdul Kiblat Lokal dan Rashdul Kiblat Global. Dimana Rashdul Kiblat Global ini hanya terjadi 2 kali saja dalam setahun.

    ReplyDelete
  97. Rifqa 'Ulya (180102155)
    Kamis (7.45)
    Rashdul kiblat adalah penetuan arah kiblat berdasarkan bayangan benda yang terkena matahari terhadap waktu tertentu. Rashdul kiat diklasifikasi menjadi 2: rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global ( rashdul kiblat tahunan terjadi 27/28 mei dan 15/16 juli)
    Teknik penentuan arah kiblat dengan menggunakan rashdul kiblat global: -lokasi yang akan diluruskan arah kiblatnya. - menggunakan tongkat lurus atau benang yang diberatkan. - jam digital yang terkoneksi dengan internet melalui browser contohnya bmkg. - lokasinya merupakan medan datar dan teekena matahari. - dilakukan ketika waktu rashdul kiblat masuk. -di indonesia, rashdul kiblat global terjadi di waktu sore hari sehingga bayangan menghadap ketimur. - menggunakan tali/benang untuk meluruskan arah kiblat.

    ReplyDelete
  98. Nama : Muhammad Agiel Fahwan Gayo
    Nim : 180102205
    Hari/jam : Kamis/09:30-11.15
    Rashdul kiblat merupakan suatu ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena oleh Sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umumnya, Rashdul Kiblat tahunan ini terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya. Dimana dikenal dengan nama "Yaumi Rashdil Kiblat". Tetapi di hari hari lainnya selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat ini. Rashdul kiblat setiap harinya mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Adapun alat-alat yang digunakan dalam penentuan arah kiblat ini yaitu bencet, miqyas, atau tongkat. Menurut Slamet Hambali peristiwa Rashdul Kiblat itu dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu Rashdul Kiblat Lokal dan Rashdul Kiblat Global. Dimana Rashdul Kiblat Global ini hanya terjadi 2 kali saja dalam setahun.

    ReplyDelete
  99. Randi akbar maulana (180102197)
    kamis 7.45

    Rashdul Kiblat merupakan ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul Kiblat ini terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya. Selain itu, pada hari-hari lainnya juga dapat ditentukan Rashdul Kiblat. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu, dengan menggunakan alat seperti bencet, miqyas, atau tongkat. Menurut Slamet Hambali, peristiwa Rahsdul Kiblat ini diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global , dan hanya terjadi kurang lebih 2x dalam satu tahun.

    ReplyDelete
  100. Hari/jam : kamis,1
    Nama : suhadi
    Nim : 180102218

    Setelah saya baca saya merangkum bahwa yang dimaksud dengan Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”
    Rashdul kiat diklasifikasi menjadi 2: rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global ( rashdul kiblat tahunan terjadi 27/28 mei dan 15/16 juli)
    Teknik penentuan arah kiblat dengan menggunakan rashdul kiblat global: -lokasi yang akan diluruskan arah kiblatnya. - menggunakan tongkat lurus atau benang yang diberatkan. - jam digital yang terkoneksi dengan internet melalui browser contohnya bmkg. - lokasinya merupakan medan datar dan teekena matahari. - dilakukan ketika waktu rashdul kiblat masuk. -di indonesia, rashdul kiblat global terjadi di waktu sore hari sehingga bayangan menghadap ketimur. - menggunakan tali/benang untuk meluruskan arah kiblat.

    ReplyDelete
  101. Hari/jam : kamis,1
    Nama : suhadi
    Nim : 180102218

    Setelah saya baca saya merangkum bahwa yang dimaksud dengan Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”
    Rashdul kiat diklasifikasi menjadi 2: rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global ( rashdul kiblat tahunan terjadi 27/28 mei dan 15/16 juli)
    Teknik penentuan arah kiblat dengan menggunakan rashdul kiblat global: -lokasi yang akan diluruskan arah kiblatnya. - menggunakan tongkat lurus atau benang yang diberatkan. - jam digital yang terkoneksi dengan internet melalui browser contohnya bmkg. - lokasinya merupakan medan datar dan teekena matahari. - dilakukan ketika waktu rashdul kiblat masuk. -di indonesia, rashdul kiblat global terjadi di waktu sore hari sehingga bayangan menghadap ketimur. - menggunakan tali/benang untuk meluruskan arah kiblat.

    ReplyDelete
  102. Nama : Sellatul Aisah
    Nim : 180102215
    Hari/jam : Kamis/09.30-11.10

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Pada hari-hari lain juga dapat ditentukan Rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar matahari. Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih keciul dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya. Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Syauqas Rahmatillah
      NIM : 180102107
      Hari/ Jam: Kamis, 09.30 - 11.10 wib
      Rashdul Kiblat adalah peristiwa dimana posisi matahari tepat berada di atas Kabah, yang terjadi setiap tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli setiap tahunnya, hari terjadinya peristiwa ini disebut dengan " Yaumil Rashdil Kiblat "
      Alat yang digunakan dalam penentuan arah kiblat ini yaitu bencet, miqyas, dan tongkat. Perlu diketahui juga bahwa rashdul kiblat bisa dilakukan pada hari hari lain hanya saja jam nya berubah karena dipengaruhi oleh deklinasi matahari. Menurut Slamet Hambali rashdul kiblat sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu: rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global dan metode ini pun diakui cukup akurat dibanding metode metode lainnya.

      Delete
  103. Hari. : Kamis I
    Nama : Nila Wati
    Nim. : 180102048

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul Kiblat terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya. Selain itu, pada hari-hari lainnya juga dapat ditentukan Rashdul Kiblat. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu, dengan menggunakan alat seperti bencet, miqyas, atau tongkat. Menurut Slamet Hambali, peristiwa Rahsdul Kiblat ini diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  104. Hari : Jumaat
    Nama : Muhammad Nur Syahmi Bin Zulkhurnain
    Nim : 180101121

    Rashdul kiblat hanya perlu mencari objek tegak seperti dinding bangunan, tiang elektrik dan rangka tingkap yang tegak atau menggantung objek berat dengan talinya yang menegak menghasilkan bayang-bayang yang menghala arah Kaabah.
    “Fenomena ini berlaku dua kali dalam setahun iaitu pada setiap 28 Mei dan 16 Julai dan bayang-bayang yang terhasil bergantung kepada keadaan cuaca semasa"

    ReplyDelete
  105. Hari: Jum'at
    Nama: Khaidir Ambia
    Nim: 180101113
    Rashdul Kiblatadalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalahbencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih keciul dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  106. Nama: Sawalina Fitri
    Nim: 180101030
    Hari : Jum'at 7:45-9:25
    Rashdul kiblat adalah cara menentukan arah kiblat menggunakan bayangan, Namun demikian, rashdul kiblat atau arah kiblat juga bisa bisa ditentukan dengan bantuan sinar Matahari. Dan perlu di ketahui juga bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari.
    Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu yang di tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat.

    ReplyDelete
  107. Nama: Miftahul Huda
    Nim:180101067
    Hari: Jumat,07:45
    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana benda yang terkena sinar matahari mengarah ke arah kiblat. Merupakan kesempatan tepat untuk mengetahui secara persis arah kiblat saat posisi matahari berada tepat diatas ka’bah. Dan posisi matahari tepat berada diatas ka’bah terjadi ketika lintang ka’bah sama dengan deklinasi matahari, pada saat itu matahari berkulminasi tepat diatas ka’bah. Sehingga bayangan benda yang terkena cahaya matahari itu merupakan arah kiblat. Dalam satu tahun akan ditemukan dua kali posisi matahari di atas ka’bah.

    ReplyDelete
  108. Nama: Mifta Maulina
    Nim :170101064
    Hari/jam : jumat / 07:45
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.
    Oleh karena itu metode tergolong sangat lemah, karena tidak tiap hari nya kita bisa menggunakan metode ini.

    ReplyDelete
  109. Nama: Nazrina Julika Sari
    Nim: 170101003
    Mata Kuliah: Ilmu Falak
    Pukul: 07.45 - 09. 25
    Rasdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. secara umum rusdul kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap hari tersebut. dikenal sebagai "yaumi rasdil kiblat". alat yang digunakan adalah bencet, miqyas, atau tongkat. metode ini brrpedoman pada matahari persispada titik zenith kakbah. peristiwa rasdul kiblat menurut Slamet Hambali ada dua: yaitu rasdul kiblat lokal dan rasdul kiblat global, dan metode ini masih memiliki kelemahan pula.

    ReplyDelete
  110. Nama : Novita SArwani
    Nim : 180101004
    Hari/jam : jum'at/07:45
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.
    Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Posisi lintang Kakbah yang lebih keciul dari nilai deklinasi maksimum Matahari menyebabkan Matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya.

    ReplyDelete
  111. Nama : Asmaul Husna
    Nim : 180101089
    Hari : jum'at (07.45-09.25)

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum rashdul kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai "yaumi rashdil kiblat". Tetapi dihari hari lainnya selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat ini dengan bantuan sinar matahari. Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi matahari. Alat yang digunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat.

    ReplyDelete
  112. Nama: Susi sintawani
    Nim :180101020
    Hari : jumat 7:45
    Rashdul kiblat Adalah salah satu cara menentukan arah kiblat dengan ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Alat untuk mengukur rashdul kiblat adalah bencet, miqyas, atau tongkat. rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  113. Nama :Aminah
    Nim :180101019
    Jam :Jum'at 7.45

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul kiblat terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juni pada setiap tahunnya. Alat yang digunakan untuk menentukan arah kiblat antara lain adalah bencet, miqyas atau tongkat. Rashdul kiblat diklasifikasikan menjadi dua yaitu Rashdul kiblat lokal dan Rashdul kiblat global dengan rumus masing-masing, Rashdul kiblat lokal terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali.

    ReplyDelete
  114. nama: maghfirah
    nim: 180101081
    jam: jumat,07:45_09:25

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”.adapun dari pada itu.Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus. Pertama Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm × Cotg fx × Cos A = + A. Setelah itu dikonversi sesuai dengan waktu daerah masing-masing.

    ReplyDelete
  115. Nama: iin malinda
    Nim: 180101013
    Jam:jum'at 7:45-9:25

    Rashdul Kiblat adalah penentuan waktu melihat kepada bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, diman ahari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Rasydul kiblat di bagi menjadi dua bagian.yang pertama rasydul kiblat global dan yang kedua rasydul kiblar lokal

    ReplyDelete
  116. Nama: Ahmad Yaasir Bin Nasaruddin
    Nim: 180101115
    Hari: Jumat 7.45-9.25


    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahun. Namun demikian, pada hari-hari lain selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat atau arah kiblat dengan bantuan sinar Matahari. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tententu. Alat yang dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat. Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  117. Nama: Riska Maisarah
    Nim: 180101082
    Hari/jam: Jum'at 7:45

    Rashdul kiblat merupakan suatu ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena oleh Sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umumnya, Rashdul Kiblat tahunan ini terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya. Dimana dikenal dengan nama "Yaumi Rashdil Kiblat". Tetapi di hari hari lainnya selain hari tersebut juga dapat ditentukan rashdul kiblat ini. Rashdul kiblat setiap harinya mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Adapun alat-alat yang digunakan dalam penentuan arah kiblat ini yaitu bencet, miqyas, atau tongkat. Menurut Slamet Hambali peristiwa Rashdul Kiblat itu dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu Rashdul Kiblat Lokal dan Rashdul Kiblat Global. Dimana Rashdul Kiblat Global ini hanya terjadi 2 kali saja dalam setahun.ReplyDelete

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus. Pertama Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm × Cotg fx × Cos A = + A. Setelah itu dikonversi sesuai dengan waktu daerah masing-masing.
      Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT (Local Mean Time) dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT (Local Mean Time).

      Delete
  118. Nama: lisma laila agustina
    Nim:180101023
    Hari/jam: jumat/ 07:45 09:25

    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat.secara umum rashul kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juni pada setiap tahunnya,dimana hari tersebut dikenal sebagai " yaumi Rashdil kiblat".
    Perlu diketahui bahwa jam Rashdul kiblat tiap hari mengalaman perubahan karena di pengaruhi oleh deklinasi matahari. Penentuan arah kiblat ditentukan berdasarkan bayang-bayang sebuah tiang atau tongkat pada waktu tertentu. Alat yg dipergunakan antara lain adalah bencet, miqyas, atau tongkat.metode ini berpedoman pada posisi matahari persis (atau mendekati persis) pada titik Zenith Kakbah. Posisi lintang kakbah yang lebih kecil dari nilai deklinasi maksimum matahari menyebabkan matahari dapat melewati Kakbah sehingga hasilnya diakui akurat dibandingkan dengan metode-metode lainnya. Peristiwa Rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu Rashdul kiblat lokal dan Rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  119. Nama: aprina cibro
    Nim: 180101074
    Hari/jumat jam: 7.45

    Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus. Pertama Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm × Cotg fx × Cos A = + A. Setelah itu dikonversi sesuai dengan waktu daerah masing-masing.
    Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT (Local Mean Time) dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT (Local Mean Time).

    ReplyDelete
  120. Nama : Rislin
    Nim : 180101046
    Mk : Ilmu falak
    Hari/jam : Jumat 07:45 -- 09:30


    Rashdul kiblat adalah metode pengukuran / penentuan arah kiblat secara sederhana untuk menjadi dengan menggunakan beberapa alat sederhana seperti bencet tongkat atau benang yang telah diberikan pemberat, metode ini dapat dilakukan diatas tanah yang datar yang disinari matahari guna untuk lebih jelas hasil bayangan benda tersebut. Metode Rashdul kiblat seperti ini hanya dapat dilakukan pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahun.

    ReplyDelete
  121. Nama : kharina Fitri
    Nim :180101028
    Hari:Jum at 07:45

    Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus. Pertama Cotan A = Sin fx × Cotg Q, kemudian dihitung dengan rumus, kedua Cos B = Tan δm × Cotg fx × Cos A = + A. Setelah itu dikonversi sesuai dengan waktu daerah masing-masing.
    Sedangkan rashdul kiblat global terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali, yaitu pada setiap tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei (tahun basithah) pada pukul 11:57 LMT (Local Mean Time) dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli (tahun basithah) pada pukul 12:06 LMT (Local Mean Time).

    ReplyDelete
  122. Jum’at 07.45
    Nama: Akramatur Rahmah
    Nim: 180101106

    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Rashdul kiblat biasanya terjadi 4 hari dalam setahun yaitu pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli. Jam rashdul kiblat dapat berubah disetiap harinya karena dipengaruhi oleh deklinasi matahri. Penentuan arah kiblat dapat ditentukan berdasarkan bayangan dari sebuah tongkat atau tiang yang mana dengan metode ini berpedoman pada posisi Matahari persis (atau mendekati persis) pada titik zenith Kakbah. Peristiwa rashdul kiblat (menurut Slamet Hambali) diklasifikasikan ke rashdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global. Rashdul kiblat Lokal dapat diperhitungkan dengan beberapa rumus seperti materi di atas dan rashdul kiblat global dapat dilakukan pertahun di hari dan jam yang telah ditentukan dengan beberapa ketentuan yang mana hari dan jam tersebut nilai deklinasi Matahari hampir sama dengan nilai Lintang Kakbah. Metode ini mudah dan hasilnya lebih akurat dengan syarat waktu yang tepat dan dapat dilakukan oleh setiap orang. Kekurangannya yaitu, metode ini hanya dapat dilakukan pada waktu terbatas yaitu dalam 4 hari selama setahun dan kita di indonesia memiliki iklim tropis yang curah hujannya tinggi sehingga penentuan metode rashdul kiblat di lapangan tidak dapat dilakukan apabila cuaca mendung atau hujan.

    ReplyDelete
  123. Nama :Zikratul Maulia
    Nim :180101027
    Hari: Jum'at,07:45
    Rashdul Kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat”. Peristiwa rashdul kiblat ini menurut Slamet Hambali dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.Teknik penentuan arah kiblat dengan rashdul kiblat global: Menentukan lokasi, tongkat tegak lurus, jam yang sudah dikalibrasi, lokasi tempat pengukuran yang memiliki medan datar dan terkena sinar, tali untuk meluruskan arah kiblat, di Indonesia rashdul terjadi pada sore hari sehingga arah bayangan menuju timur (membelakangi kiblat).

    ReplyDelete
  124. nama : ulfa sari
    nim : 180101074
    jam : 07.45-09.30 (jumat)
    rashidul kiblat adalah peristiwa dimana matahari tepat berada di atas ka'bah dan bayangan yang terkena matahari yang berfungsi sebagai penunjuk arah kiblat. yaumi rashdil yaitu sebutan untuk hari-hari yang secara umum yang menjadi rashidul kiblat tahunan yaitu tanggal 27 dan 28 mei dan 16 atau 17 juli. bencet, miqyas, atau tongkat adalah alat yang bisa digunakan untuk menentukan rashidul kiblat. untuk jam rashidul kiblat tiap hari bisa mengalami perubahan hal ini disebabkan karena deklinasi matahari.

    ReplyDelete
  125. Nama: Novida ariani
    Nim: 170101035
    Hari:jum'at
    Jam :07:45


    Rashdul kiblat adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda ya g terkena sinar matahari menunjukkan arah kiblat.secara umum rashdul kiblat tahunan terjadi apada tanggal 27/28 mei,dan 15/16 juli pada setiap tahunannya. Dimana hari tersebut dikenal sebagai " yaumi rashdil kiblat".

    ReplyDelete
  126. Nama : Aindana zulfa
    Nim : 180101107
    Hari : jum'at (07.45-09.25)

    Rashidul kiblat adalah ketentuan waktu dimana terdapat bayangan benda yang terkena sinar matahari. Rashidul kiblat ini terjadi pada tanggal 27 atau 28 mei dan 15 atau 16 juli pada setiap tahunnya sehingga dikenal ia dengan sebutan "yaumi rashidul kiblat". Selain dari hari tersebut juga terdapat ditentukan Rashidul kiblat atau arah kiblat dihari lain dengan bantuan sinar matahari akan tetapi dapat mengalami perubahan dikarenakan terpengaruhnya oleh deklinasi matahari. Adapun alat yang digunakan yaitu bancel, miqyas, dan tongkat. Rashidul kiblat menurut slamet hambali dapat diklarifikasikan menjadi dua yaitu: Rashidul kiblat lokal dan Rashidul kiblat global. Rashidul kiblat global memiliki ketentuan yaitu tentukan lokasi tongkat tegak lurus, jam yang sudah dikalibrasi, lokasi tempat pengukuran yang memiliki medan datar xan terkena sinar. Dan tali untuk meluruskan arah kiblat.

    ReplyDelete
  127. Hari: Jum'at 07.45
    Nama: T. Ari Rafsanjami
    NIM: 170101080
    Rashdul Kiblat adalah penentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat. Adapun secara umum Rashdul Kiblat tahunan terjadi pada tanggal 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli pada setiap tahunnya, dimana hari tersebut dikenal sebagai “Yaumi Rashdil Kiblat” Perlu diketahui bahwa jam rashdul kiblat tiap hari mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh deklinasi Matahari. Alat yang dipergunakan yaitu bencet, miqyas, atau tongkat. Slamet Hambali mengklasifikasikan rasdul kiblat menjadi dua, yaitu rasdul kiblat lokal dan rashdul kiblat global.

    ReplyDelete
  128. Nama :nanda azura
    Nim :170101065
    Hari/jam: jumat/07:45
    Mk: ilmu falak
    Rashdul Kiblat merupakan salah satu cara untuk melakukan penentuan arah Kiblat. Rashdul Kiblat adalah suatu ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukkan arah Kiblat. Penentuan arah kiblatnya bisa dilakukan dengan menentukan bayang-bayang sebuah tiang/tongkat pada waktu tertentu. Alat yang bisa digunakan itu seperti bencet, miqas/tongkat. Rashdul Kiblat ini biasanya terjadi pada tanggal 27/28 Mei maupun 15/16 Juli setiap tahunnya, namun pada hari lain juga dapat ditentukan asalkan dengan bantuan sinar matahari.

    ReplyDelete