Besahabatlah Dengan Alam


Di antara hiruk piruk kehidupan, kita sering dibuat jenuh oleh keadaan. Detik demi detik kita lalui sampai kita lupa bahwa dalam seminggu ada ribuan menit yang kita lewatkan. Kita lelah? Iya. Karena tak ada orang yang tidak mengandung unsur jenuh dalam dirinya. Kita menyerah? Ada yang iya, namun lebih banyak yang tidak. 

Setiap orang memutuskan menghabiskan hari demi hari dengan rutinitas yang berbeda karena satu alasan. Yaitu ada hal yang harus diperjuangkan. Seorang Bapak rela keluar pagi pulang petang dalam 6 hari selama seminggu demi memperjuangkan kehidupan anak istri. Mereka adalah alasan yang harus diperjuangkan. Seorang ibu rela menjadi tulang punggung keluarga, banting tulang untuk penghidupan anak yan tak tau ayahnya dimana, sebab dia paham dan mengerti bahwa penderitaan cukup untuk dirinya, namun kebahagiaan di masa depan adalah hak anaknya.

Sejatinya, semua berjalan sesuai dengan alasannya masing-masing. Tanpa kita sadari, kita pun adalah bagian dari orang-orang yang sedang memperjuangkan suatu alasan, entah kita sebagai pelajar, mahasiswa, pekerja, atau bahkan pejabat sekali pun. Dan kita juga sadar bahwa rasa jenuh tak pernah alpa dalam menyapa rutinitas kita.

Itu lah kehidupan, suatu perputaran roda yang tak pernah bertuan. Terkadang kita bagai sekelompok sampah yang selalu diterjang oleh ombak di lautan. Namun adakalanya kita sebagai tuan yang duduk manis menerima setoran. Pada hakikatnya, dari sekian banyak perputaran kitalah sebagai pengendali diri, baik luar maupun dalam. Katika kita kuat dan bermartabat, pada sisi roda manapun kita akan tetap berdiri tegar, karena kita punya suatu alasan.

Hidup dengan alam yang selalu berganti musim mengajarkan kita tentang hikmah. Pada setiap problema akan selalu ada solusinya. Pada setiap kejenuhan akan selalu ada yang membuat tawa, meski sesederhana sapaan anak sepulangnya kita bekerja, yang perlu kita lakukan adalah menemukan alasan kita masing-masing. Alasan yang pada akhirnya akan berubah menjadi tujuan. Tujuan yang akan kita perjuangkan. Meski nanti jalan kita tak sesuai harapan. Yakinlah bahwa alam semesta yang luas ini, menyimpan sejuata unsur. Yang akan menghantarkan kita pada suatu hal yang lebih baik. Mencermati dan memahami setiap realita yang ada sebagai bentuk perjuangan yang harus digapai.

Post a Comment

0 Comments