Danau Lut Tawar, Wisata Pegunungan Yang Di Cari Di Sumatera



Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Disisi barat danau ini terdapat sebuah kota kabupaten yaitu kota Takengon, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Luasnya kira-kira 5.472 hektare dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m³ (2,5 triliun liter).

Danau ini merupakan satu-satunya danau penghasil ikan Depik di dunia. Ikan depik merupakan salah satu ikan khas yang tedapat di Danau Laut Tawar Dataran Tinggi Gayo Kabupaten Aceh Tengah. Ikan Depik ini berbentuk kecil memanjang hampir menyerupai ikan teri. Biasanya pada waktu pertengahan tahun yaitu sekitar bulan Agustus hingga pada akhir tahun, para nelayan terlihat sibuk menangkap ikan depik di pinggir Danau Laut Tawar. Bila musim panen ikan depik tiba, terjadi perubahan iklim, yaitu angin yang berhembus terasa berbeda, agak lebih dingin. Terkadang disertai hujan atau gerimis-gerimis kecil.


Danau ini memiliki daya tarik yang sangat tinggi, khusunya di provinsi Aceh, selain dimanjakan dengan suhu dingin antara 14-24 celcius, tempat tersebut juga memancarkan pemandangan alam yang begitu hijau. Sehingga akan memberikan pandangan mata yang menyegarkan bagi para pengunjung.

Disekeliling danau Lut Tawar, terdapat berbagai macam jenis tempat wisata yang bisa Anda nikmati, diantranya: Goa Loyang Koro, Pante Menye Bintang, Ujung Paking, Putri Pukes, Atu Telak, dan masih banyak lagi. Kebanyakan dari tempat-tempat wisata disekeliling danau Lut Tawar tersebut merupakan bukti sejarah yang pernah terjadi suatu kisah atau peristiwa.

Saat ini, akses melaui danau tersebut sudah dapat dilakukan lewat jalur udara, tepatnya melalui Bandara Udara Rembele yang berada sekitar 15 km dari danau tersebut. Hal ini memudahkan wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke danau Lut Tawar.


Post a Comment

0 Comments